>

Batik Sumber Jambe - Batik Jember

< Salah satu Produk kesenian indonesia yang marak di perbincangkan beberapa tahun belakangan batik, di beritakan produk budaya yang di gadang berasal dari indonesia inipun telah di akui malaysia, sontak rakyat indonesia berang, apalagi warga yogyakarta dan solo yang memang selama ini terkenal dengan industri batik.
Kehebohan itu tampaknya tidak terlalu di alami oleh masyarakat jember, KOta yang masih dalam pencarian budaya nya ini,tidak mengalami keresahan seperti kota lain yang di jamuri industri batik, Namun ternyata ada salah satu desa di jember yang juga merasa sangt was was dengan peristiwa pengakuan Batik oleh malaysia.

Desa SUMBER JAMBE, terletak 45 km dari pusat kota jember, terletak di pinggir jalan utama desa, pemilik dari centra batik adalah p. Mawardi. Pria berumur kurang lebih 43 tahun tersebut memanfa'atkan ibu2 dan pemuda di desan nya sebagai karyawan, dari mereka, memang ada yang memiliki bakat mencanting dan menggambar, maupun mendesain motif, namun ada juga yg awalnya tidak bisa apa apa dan kemudian di latih.

sekilas cerita dari P. mawardi, dulu disa sumber jambe ini ada ada empat pengrajin batik, namun pada tahun 1985 usaha pembuatan batik rumahan tersebut mulai mati satu persatu, karna di landa produk batik printing yang harganya jauh lebih murah, kini di desa sumber jambe sentra pembuatan batik hanya ada dua dan salah satunya adalah milik P. Mawardi, batik sendiri dapat ( atau sudah terlanjur ) di bagi menjadi dua barisan besar, pertama adalah batik keratonan, dan kedua adalah Batik pesisiran, Ciri Umum dan paling kasat mata dari masing masing barisan ini sering kali berlawanan................ ( cerita singkat...kesel wes rek arep ngetik.. )

6 comments:

  1. semua home industri sering berakhir di pemasaran dan menejement yang minus kang. seperti yang banyak terjadi. mari kita bangkitkan kembali batik Indonesia oleh kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sobat, insya Alloh dengan semangat, kita semua pasti bisa

      Delete
  2. Indonesia ini memang surganya batik. masing-masing daerah punya batik dengan ciri khas nya sendiri2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah sobat...kita harus bangga menjadi orang indonesia..

      terima kasih sobat.

      Delete
  3. lestarikan batik sebagai kain khas Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita bersama lestarikan kebudaya'an dan kesenian indonesia

      Delete